Rabu, 19 Oktober 2016

Acara Adat Lingkungan Bongkong yang Terlupakan.

Tags

Ritual Adat istiadat Sinjai akan Dilaksanakan di Lingkungan Bongkong


SinjaiNews.com- Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sinjai merupakan sebuah Kekayaan dan potensi yang dilestarikan dan dijaga oleh Pemerintah dan masyarakat setempat. Salah satu ritual adat dan budaya yang akan dilaksanakan adalah Ritual Mappugau Sihanua pada hari Kamis tanggal 20 oktober 2016 di  Kelurahan Samaenre  Lingkungan Bongkong Kab Sinjai.

Ritual Adat ini bertujuan untuk menjaga budaya dan melestarikan kearifan lokal di Sinjai, dengan mengangkat sebuah tema "Membentuk karakter generasi muda yg cinta pada kearifan lokal". Persiapan dan Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan dan mengenalkan kebudayaan Sinjai bagi generasi muda dan memperkenalkan di indonesia secara umum.

Menurut Tokoh Masyarakat Bongkong sekaligus Pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab Sinjai bahwa yang hadir pada acara adat kali ini seluruh keturunan Arung bongkong baik yang berasal dari  Sinjai, bahkan diluar Sulawesi Selatan seperti Palembang dan Kolaka berkumpul dirumah adat. Pesta adat ini dilaksanakan satu kali dalam tiga tahun.sedangkan tahunan disebut Mabbissa Lompu dan Mabbaja Laleng kuburan Nenek Moyang.

" Jadi melalui kegiatan ini kita harapkan pesta adat istiadat kampung ini bisa terjaga dan dilestarikan namun sebelumnya ada beberapa ritual yang dilaksanakan sebelum Mappugau Sihanua. Semoga kegiatan ini mampu dilestarikan dan diperkenalkan serta dipublikasikan untuk generasi muda Sinjai dan Indonesia secara keseluruhan" ujar Puang Pagga saat dikonfirmasi oleh SinjaiNews.com

Kekayaan budaya dan kearifan lokal Sinjai tidak kalah menarik dengan daerah lainnya, namun kerjasama dan kontribusi Serta peran Pemerintah dan pihak terkait diharapkan mampu meningkatkan dan mengembangkan warisan adat budaya  turun temurun sehingga dapat dinikmati oleh generasi ke generasi.


EmoticonEmoticon